Cara Memasang Unit Iklan Google Adsense Pada Blog

indrabel.com - Iklan adalah suatu layanan promosi suatu produk/jasa. Untuk beriklan bisa dimana saja baik di TV, di Radio, di Jalan Raya Bahkan di Internet termasuk Blog kita. Tentu untuk memasang sebuah iklan, pengiklan(advertiser) perlu mengeluarkan uang agar iklannya bisa dimuat. Nah bagaimana jika kita ingin membantu menaruh iklan orang lain pada blog kita? Tentu saja kita harus menjadi penerbit (publisher) suatu program iklan. Salah satunya adalah menjadi publisher google adsense.


Nah disini saya menganggap anda sudah menjadi publisher google adsense dan sesuai judul postingan ini anda ceritanya bingung bagaimana cara membuat dan menaruh unit/kode iklan pada blog.

Bagaimana cara memasang unit iklan agar muncul pada blog kita? Ada 2 cara untuk melakukannya.


1. Melalui dashboard blogger >pilih Tata letak kemudian >pilih Tambahkan gadget lalu >pilih Adsense. Apabila sudah disesuaikan ukuran iklan dan lain-lain maka klik save. Iklan seketika tampil pada blog anda. Sangat mudah kan.

2. Melalui akun adsense pada bagian kiri atas di klik dan pilih >My Ads kemudian >Ads unit. Selanjutnya dibagian atas ada tulisan >new ads unit. Disana ada 3 tipe dalam pembuatan unit iklan yaitu Text & display ads, In-feeds ads dan In article ads (khusus iklan didalam postingan blog). Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan.

Umumnya untuk memasang iklan pada header ataupun sidebar bisa memilih tipe Text & display ads. Jika iklan sudah dibuat maka copy kode iklan dan letakkan pada dashboard blogger pilih > Tata letak kemudian Tambahkan gadget dan Add HTML/JavaScript. Pastekan kodenya disitu lalu Save.

Untuk tipe In-feed article, digunakan pada sidebar blog. Tipe ini apabila anda ingin membuat iklan seolah-seolah terlihat seperti judul artikel anda sendiri pada sidebar. Sehingga berpotensi iklan anda akan di klik oleh pengunjung. Untuk cara copy kode iklan ke blog sama seperti tipe sebelumnya diatas.

Terakhir In-article ads, khusus membuat unit iklan untuk dipasang didalam postingan artikel blog baik diawal, tengah atau akhir postingan tergantung dari keinginan anda. Ukuran Iklannya sendiri akan menyesuaikan keberadaannya dengan artikel didalamnya. Sebenarnya tipe ini hampir sama dengan model responsif pada tipe Text & display ads. Untuk memasang kode iklan tipe ini caranya berbeda. Bukan paste di Tata letak tetapi melalui dashboard kemudian pilih > Tema lalu > Edit html.

Oke sekian penjelasan singkat dari saya. Mohon maaf penjelasan tiap langkah-langkahnya tanpa panduan gambar. Apabila ada pertanyaan silahkan komentar. Sekian dan terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memasang Unit Iklan Google Adsense Pada Blog"

Post a Comment